Jumat, 23 November 2012

[Human Capital] TRAINING PROFESSIONAL WRITING (Hotel Grand Preanger Bandung)

 

TRAINING "PROFESSIONAL WRITING"
Kamis – Jum'at, tanggal 20 – 21 Desember 2012
Hotel Grand Preanger, Jl. Asia Afrika 81 Bandung

Informasi lengkap => http://prakarsamedia.com/

Bapak/Ibu Yth,

Mohon maaf apabila email dari kami ini sedikit mengganggu kesibukan Bapak/Ibu. Melalui email ini, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu dan atau staf/rekan lain yang ada di lingkungan instansi / perusahaan Bapak/Ibu untuk mengikuti training/workshop berikut ini:

Pendahuluan

Kemampuan menulis dengan baik –writes well– merupakan keahlian sangat penting bagi karyawan dan profesional. Banyak tugas menuntut kemampuan ini. Menulis surat, laporan, proposal, rencana kerja, notulensi pertemuan, buku panduan, newsletter, brosur, makalah, research memo, judicial review dan publikasi adalah sebagian dari kegiatan rutin pekerjaan.

Selain itu dengan menulis pula seseorang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dinamis kreatif, kemampuan analisa & sintesa dan kemampuan membedakan berbagai hal secara akurat dan valid.

Akan tetapi sayangnya, kemampuan ini agak jarang ditingkatkan. Tak heran, pada sebagian besar orang, masih tetap melekat stigma "menulis itu sulit dan saya tidak bisa". Tanpa sadar lalu muncul kebiasaan menunda, selalu minta bantuan orang lain, atau kalaupun dilakukan, hanya karena terpaksa, sehingga belum menjadikannya sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan.

Tentu saja ini perlu diubah. Salah satunya dengan melatih lagi kompetensi kemampuan ini bagi segenap staf, manager, dan para professional lainnya. Pengalaman kami belasan tahun membuktikan, ketrampilan menulis bukanlah bakat, melainkan betul-betul hasil proses pembelajaran. Proses belajar dan berlatih inilah yang perlu dilakukan.

Karena itu, upaya untuk lebih meningkatkan kemampuan pada bidang tersebut, kami mengundang Bapak/Ibu dan atau staf lain di lingkungan instansi/perusahaan Bapak/Ibu untuk mengikuti training/workshop tersebut di atas, dengan jadwal sebagai berikut :

TRAINING "PROFESSIONAL WRITING"

Hari / Tanggal : Kamis – Jum'at, tanggal 20 – 21 Desember 2012
Waktu : 09.00 – 16.00 WIB
Tempat : Hotel Grand Preanger, Jl. Asia Afrika 81 Bandung
Investasi : Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) per orang.

Catatan :
- Biaya sudah termasuk modul, sertifikat, coffee break & lunch.
- Biaya tidak termasuk penginapan / kamar hotel

Demikian surat undangan ini kami sampaikan. Informasi dan brosur program terlampir. Formulir dan pendaftaran lewat online bisa diakses di http://prakarsamedia.com/pendaftaran
Atas perhatian Bapak/Ibu kami haturkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

PT. PRAKARSA MEDIA UTAMA

Komplek Griya Bandung Indah (GBI)
Jl. Pesona Alam Blok E-I No. 18 Bandung 40287

Telp: (022) 7532876 Fax: (022) 7537897
Hp : 0812-219-5135 / 0878-219-66661

Website: www.prakarsamedia.com
E-mail: info@prakarsamedia.com

PESERTA

Workshop ini terbuka untuk umum, dari berbagai latar belakang profesi dan disiplin ilmu, lebih khususnya :

- Humas, Public Relations, Corporate Communications, Corporate Secretary
- Pusat data & Informasi, Pengelola (redaksi) Majalah Instansi/Perusahaan
- Pimpinan, Manager dan staf fungsional (dari berbagai unit/divisi/bagian) yang sehari-hari bergelut dengan tugas-tugas penulisan, pembuatan laporan, media relations, Press release, fotografi, dokumentasi, presentasi multimedia.
- Akademisi, Peneliti, LSM, dan peminat umum lainnya

==============================================================
TRAINING PROFESSIONAL WRITING
Hari : Kamis – Jum'at, tanggal 20 – 21 Desember 2012
==============================================================

SASARAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:

• Mampu mengatasi berbagai hambatan dalam menulis sehingga akan lebih merasakannya sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan.

• Memiliki kemampuan dasar dalam menulis, menyunting, merangkum dan meramu dengan baik, demi kelancaran berbagai tugas penulisan atau pekerjaan di kantor.

• Memiliki kemampuan bahasa tulis yang efektif, komunikatif dan professional, terutama dalam hal pilihan kata/kalimat, alur atau sistematika dan substansi/makna.

• Memahami efek-efek bahasa pada persepsi, opini dan etika profesi, sehingga naskah yang dihasilkan memiliki dampak yang sesuai dengan maksud/tujuan penulisan.

TOPIK BAHASAN

1. Mengatasi Hambatan Menulis
• Sumber-sumber hambatan.
• Cara mengatasi hambatan.
• Menulis Obyektif dan Menulis Subyektif.
• Efek-efek menulis pada pengembangan diri, dan kemampuan-kemampuan lainnya

2. Aplikasi Mind Mapping Pada Proses Penulisan
• Konsep & Aplikasi Pemetaan Pikiran.
• Bentuk-Bentuk Pemetaan Pikiran.
• Teknik Dasar Penulisan Mind Mapping.
• Aplikasi Praktis Dalam Menyusun Alur Tulisan.

3. Jenis-jenis Tulisan & Praktik Menulis
• Berita, Feature, Artikel, dll
• Latihan mencari ide/topic
• Latihan membuat lead/paragraph pertama
• Evaluasi & Pembahasan

4. Professional Writing Style
• Elements (unsur-unsur penting).
• Compositions (sistematika).
• Grammar (tata bahasa).
• Retorika, logika dan etika.
• Kode Etik & HAKI

5. Professional Editing
• Mechanical editing (penyuntingan teknis).
• Substantive editing (penyuntingan isi & ide)

TIM PEMATERI

1. HERNOWO

Tak ada penulis yang tidak mengenal Hernowo, penulis dan editor handal Indonesia. Lewat bukunya yang sangat terkenal, "Mengikat Makna", lulusan Teknik Industri ITB, CEO dari Mizan Learning Center ini telah mengompori dan menginspirasi ribuan penulis. Prestasinya mencengangkan. Hanya dalam kurun waktu yang sangat pendek, empat tahun (2001-2005) telah 28 buku ditulisnya. Padahal ia baru memulainya pada usia tua, 44 tahun.

Buku-buku bestseller-nya, antara lain, Mengikat Makna, Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza, Quantum Reading, Quantum Writing, Bu Slim dan Pak Bil: Kisah tentang Kiprah Guru "Multiple Intelligences" di Sekolah, dan Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan.

"Mas Hernowo telah menjadikan teks bukan sebagai lautan huruf mati-yang susah digauli dan diterjuni-tetapi sebagai bagian dari keakraban hidup sehari-hari."
—–SINDHUNATA, Pemimpin Majalah Basis

2. BAMBANG TRIM

Penulis lebih dari 90 judul buku dan editor buku-buku best seller, Ketua Forum Editor Indonesia, pendiri Detik@-Integrated Publishing Service, dan konsultan di beberapa penerbit. Ia dijuluki sebagai master editologi dan publishing science yang merupakan ilmu langka di Indonesia.

Tulisannya tersebar di berbagai media massa, seperti Kompas, Mitra Desa, Hikmah, Hoplaa, Republika, Pikiran Rakyat, Matabaca, Medan Bisnis, dan Galamedia. Ia pernah meraih Juara I Lomba Penulisan Buku Cerita Keagamaan Depag RI pada 2002, jadi Juara I Lomba Penulisan Artikel Perbukuan 50 Tahun IKAPI, dan banyak lagi prestasi lainnya.

Dalam jagad penulisan, nama Bambang Trim sudah tidak asing lagi. Bambang telah berkubang dengan pengalaman penulisan, editing, dan publishing. Dari tangan dingin Bambang, lahir racikan buku-buku bestseller, seperti Aa Gym Apa Adanya, Setengah Kosong Setengah Isi, dan The True Power of Watter, yang telah terjual lebih dari 50.000 eksemplar dalam waktu kurang dari setahun.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
HEAD HUNTER & OUTSOURCING SPECIALIST
DENGAN FEE PALING COMPETITIF
UNTUK INFORMASI HUBUNGI (021)789 2012 /98225937

JASA OUTPLACEMENT HUBUNGI Amy at (021) 7892012

Human Capital Indonesia:
fseskadevi@hmc.co.id /info@hmc.co.id

High Management Consultant

Phone (62 21) 7892012, 9822-5937,
Fax (62 21) 789 2124


pemasangan iklan/posting dari para member diluar tanggung jawab dari Owner mailing list ini.  Berhati-hatilah dengan iklan lowongan pekerjaan.
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar