Selasa, 30 Juli 2013

[Human Capital] Info HR Training: 1.Competency Model 2. Alat Test Rekrutmen

 



How to Design Competency Model
21-22 Agustus 2013, JAC Building, Jakarta Pkl. 09.00-17.00 wib - Confirm Running
.
Informasi Public dan Inhouse Training: HP 0812.9766.822 / HP 08112.802.8352
e-mail : info@serviceleadership.web.id
Download Brosur : www.serviceleadership.web.id
Pin BB : 2262D278
.
Latar Belakang :
.
Dewasa ini tuntutan pelanggan terhadap produk/jasa yang bebas defect semakin meningkat. Untuk itu kompetensi manajemen sudah merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan oleh manajemen SDM modern. Terlepas dari belum siapnya perusahaan untuk masuk ke dalam proses manajemen kompetensi, pemahaman mengenai kompetensi-kompetensi penting yang ada di perusahaan merupakan sarana untuk melakukan micro managed terhadap keunggulan kompetitif yang ingin dibangun perusahaan tersebut.  Dengan demikian ia merupakan salah satu link penting antara praktis pengelolaan SDM dengan arah strategis perusahaan.
.
Definisi kompetensi yang tepat yang dirumuskan di dalam kamus kompetensi perusahaan juga akan menentukan seberapa jauh aplikasi kompetensi dapat dilakukan dalam kaitannya dengan proses asesment untuk mendapatkan karyawan yang tepat,  mempromosikannya serta proses pengembangan karyawan tersebut untuk kebutuhan saat ini ataupun di masa mendatang.
.
Tahap awal yang penting dalam penerapan manajemen kompetensi adalah keberhasilan tim SDM perusahaan merancang model kompetensinya.
Workshop ini tidak hanya akan membawa pada proses mendesain kompetensi secara setahap demi setahap tetapi juga memberikan tools yang Anda
butuhkan untuk melakukannya dan memastikan bahwa disain kompetensi yang Anda bangun sudah sesuai dengan kebutuhan, arah strategis dan lingkungan Perusahaan.
.
Tujuan :

Setelah pelatihan ini, peserta diharapkan mampu :
1. Memahami Konsep Kompetensi
2. Menyusun Model Kompetensi
3. Melakukan Wawancara Berbasis Perilaku ( BEI) untuk mendapatkan level kompetensi
4. Menyusun Kamus Kompetensi
5. Menyusus Matriks Kompetensi untuk Peningkatan Kinerja

Materi Pembahasan:

1. Memahami Konsep Kompetensi
* Definisi kompetensi
* 5 (lima) karakteristik kompetensi
* Kerangka dasar penggunaan kompetensi
* Latihan  membuat kompetensi
* Latihan menilai kompetensi
* Proses perumusan kompetensi
* Model kompetensi
* Kamus kompetensi
* Dimensi ukuran kompentensi
* Level kompetensi
* Indikator perilaku
* Hard vs Soft Competency
* Kelompok kompetensi Generik
* Aneka ragam kompetensi :
    >  Hard vs Soft model
    >  Organizational vs Functional vs Job Model
    >  Core vs Managerial vs Technical model
    >  Generic vs Specific Model
    >  Core vs Leadership vs Functional Model
* Latihan  membuat Core Competency

2.    Proses Penyusunan Model Kompetensi
   >  Latihan : Mengukur Level  Kompetensi Integritas
   >  Latihan : Mengukur Level  Kompetensi Teknis
   >  Membangun  Model Kompetensi : Simulasi
   >  Proses Merumuskan Kompetensi

3.    Strategi Wawancara
   > Menyusun model kompetensi  " Job driven" dengan penggunaan "Criterion Sample"
   > Competency Interview
   > Guidelines for Preparation
   > Teknik Wawancara Perilaku ( Behavioral Event Interview)

4.   Proses Penyusunan Kamus Kompetensi
5.   Penyusunan Matrik Kompetensi untuk Peningkatan Kinerja

Metode:
Presentasi konsep dan framework, studi kasus, role play, sharing pengalaman, presentasi kelompok, uji Kompetensi dll.
Untuk lebih efektifnya workshop ini diharapkan partisipan membawa contoh komptensi yang ada di Perusahaan atau deskripsi dari suatu
jabatan
.
Fasilitator :
Drs. Jack Allenzo MM, MH
Senior Trainer Service Leadership
www.serviceleadership.web.id
.
Sasaran Peserta :
General Manager, Manager, Assistant Manager dan Supervisor
.
Investasi :
Fullfare Rp 3.500.000./ peserta.
Pembayaran sebelum tgl 3 Agustus  2013 Rp 3.200.000 / peserta
Gratis peserta ke-4 jika perusahaan mengirimkan 3 peserta
.
Informasi Public dan Inhouse Training
Service Leadership Consulting
HP / SMS  0812.9766.822.
HP / SMS  0812.802.8352
www.serviceleadership.web.id
email: info@serviceleadership.web.id
Pin BB : 2262D278
.

PENGENALAN ALAT TEST REKRUTMEN PERUSAHAAN
 .
TIU 5, TIKI Tinggi, Kraepelin & Papikostik
 .
20 Agustus 2013, JAC Building, Jakarta Pkl. 09.00-17.00 wib - Confirm Running
  .
Target Peserta : Psikolog atau Sarjana Psikologi
.
Informasi :   
HP 0812.9766.822. HP 0812.802.8352, Pin BB : 2262D278
www.serviceleadership.web.id
e-mail : info@serviceleadership.web.id
.Latar Belakang
Workshop ini  dipersiapkan bagi sarjana Psikologi dan Psikolog yang ingin meningkatkan keterampilannya sebagai seorang assessor dalam mempersiapkan dan melaksanakan assessment organisasi seperti psikotest untuk rekrutmen, penilaian kinerja atau promosi jabatan.

Keterampilan dalam memilih alat tes yang sesuai dan menggabungkannya pada satu kesatuan analisa, merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh sarjana Psikologi dan Psikolog yang saat ini berkecimpung dalam dunia kerja ( HRD ) khususnya di bidang rekrutmen dan seleksi. Keluwesan kita dalam mengintegrasikan beberapa instrumen psikologi secara benar akan berpengaruh terhadap kemampuan kita dalam menganalisa kandidat pelamar sehingga kita dapat menentukan dengan tepat calon karyawan pilihan. Analisa sebuah kasus bukan dari canggihnya alat tes yang digunakan tetapi kedalaman wawasan analis dalam menggunakan peralatan analisanya.

Workshop sehari ini akan mengulas tentang alat tes rekrutmen :

TIU 5

Tujuan dari penggunaan alat tes ini adalah pengukuran daya tangkap seseorang dalam menerima informasi baru dan kesiapan seseorang dalam menghadapi tes psikologi.

TIKI DEPAN

Tiki Depan telah terbukti efektifitasnya dalam menangkap potensi intelegensi seseorang dari sudut daya tangkap, logika berpikir, ketelitian, potensi menghitung, dan daya abstraksi. Tes ini sangat umum digunakan dalam tes psikologi dan masih efektif dalam menganalisa potensi intelegensi seseorang.

Kraepelin

Tes Kreaplin adalah tes yang secara spesifik mengukur ketahanan kerja seseorang dalam menghadapi situasi yang menekan, rutin serta monoton.

Papikostik

Tes ini merupakan salah satu tes karakter kerja yang tercermin dalam tingkah laku yang didasarkan pada kategorisasi. Pengukuran berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang ditempat kerja dan peran yang diharapkan seseorang ditempat kerja.

Pembuatan psikogram sesuai dengan kebutuhan assesment serta analisa secara menyeluruh berdasarkan alat tes yang digunakan serta psikogram yang digunakan.

Pada workshop ini, peserta akan berlatih mengenai :
1.     Pemilihan alat tes yang sesuai dengan kebutuhan proses assessment organisasi
2.     Teknik instruksi tes yang mudah dipahami oleh tester dan testee
3.     Administrasi skoring yang reliable, sesuai dengan penggunaan alat tes
4.     Analisa hasil tes sesuai dengan kebutuhan proses assessment organisasi
5.     Analisa hasil tes yang berbeda dari hasil tes pada umumnya, sesuai dengan kebutuhan organisasi

Tujuan dari workshop ini adalah peserta akan terampil dalam menggunakan alat tes psikologi baik dalam hal administrasi, skoring dan analisa hasil.

Target Peserta:
Terbatas untuk Sarjana Psikologi dan Psikolog

Metode Pelatihan: 
Self assessment, focus group discussion, presentasi, role play.

Fasilitator: 
Amelia Hirawan, Psi

·         Program Profesi Psikologi , Fakultas Psikologi Univeristas Katholik Soegijapranata  Semarang
·         Child and Development - Institute of Social Science, The Hague, Netherland
·         Psikolog, Trainer dan konsultan rekrutmen dari berbagai perusahaan . Beberapa perusahaan yang telah menjadi clientnya a.l : Bank Mandiri, FIF Astra, RS Telogorejo, RS Dr Oen,PT Nestle, PT Djarum, PT Asaba, PT Cocacola Botling Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur, PT Semen Gresik, PT Indomarco, PT Pharos, Univeritas Satya Wacana, Ciputra Hotel, Santika Hotel, Bank Danamon Semarang, BCA Jateng, Citibank Semarang dll
..
Investasi:
Fullfare Rp 2.100.000 / peserta
Early Bird, pembayaran sebelum tgl  3 Agustus 2013: Rp 1.750.000.-/ peserta. 

Informasi Public dan Inhouse Training
Service Leadership Consulting
HP / SMS  0812.9766.822.
HP / SMS  0812.802.8352
www.serviceleadership.web.id
email: info@serviceleadership.web.id
Pin BB : 2262D278
 .
Agenda Training Service Leadership Juli-September 2013 

AGUSTUS
.
1 Agustus 2013 BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW (BEI) - ( Batch 5)
1 Agustus 2013 COACHING  AND MENTORING FOR LEADERS
20 Agustus 2013 ALAT TEST REKRUTMEN : TIU 5, TIKI Tinggi, Kraepelin & Papikostik
21-22 Agustus  2013 TRAIN THE TRAINER  - Batch 28
21-22 Agustus 2013 DESIGNING COMPETENCY MODEL
27 Agustus 2013 TALENT MANAGEMENT
27 Agustus 2013 HIGH PERFORMANCE TEAM USING MBTI ( Batch 17)
28-29 Agustus 2013 THE COMPLETE GUIDE TO INDUSTRIAL  RELATION ( Batch 5) 
29 Agustus  2013 EFFECTIVE RECRUITMENT USING DISC PROFILE
 .
SEPTEMBER
Info Inhouse Training  : HP/SMS 0812.9766.822 / HP/SMS 08112.802.8352, Pin BB : 2262D278

.
3 Septemberr 2013 EMPLOYEE ENGAGEMENT
3 September .2013 SERVICE CRUCIAL FOR MANAGERS
4 September. 2013 KIAT MENGELOLA PERUAHAAN OUTSOURCING
7 September. 2013 EFFECTIVE SUPERVISORY SKILLS
4 September.2013 DEALING WITH DIFFICULT PEOPLE AND SITUATION 
4 September .2013 CUTOMER EXPERIENCE STRATEGY 
11 September. 2013 CUSTOMER SATISFACTION MEASUREMENT
11 September. 2013 IMPLEMENTING 360-DEGREE FEEDBACK 
11 September. 2013 PENILAIAN KINERJA BERBASIS KPI -
11 September,2013 SERVICE EXCELLENCE MINDSET 
18 September.2013 HANDLING CUSTOMER COMPLAINT
18 September. 2013 BECOMING AN HR PROFESSIONAL


Info Inhouse Training  : HP/SMS 0812.9766.822 / HP/SMS 08112.802.8352, Pin BB : 2262D278

Apabila Bapak dan Ibu tidak ingin menerima email informasi training dari kami, silahkan kirim email kosong dengan judul "Remove" ke unsubscribe@serviceleadership.web.id

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
HEAD HUNTER & OUTSOURCING SPECIALIST
DENGAN FEE PALING COMPETITIF
UNTUK INFORMASI HUBUNGI (021)789 2012 /98225937

JASA OUTPLACEMENT HUBUNGI Amy at (021) 7892012

Human Capital Indonesia:
fseskadevi@hmc.co.id /info@hmc.co.id

High Management Consultant

Phone (62 21) 7892012, 9822-5937,
Fax (62 21) 789 2124


pemasangan iklan/posting dari para member diluar tanggung jawab dari Owner mailing list ini.  Berhati-hatilah dengan iklan lowongan pekerjaan.
.

__,_._,___

Tidak ada komentar:

Posting Komentar